Jabodetabek Slider

Pimti Kemenkumham Resmikan Kanim, Lapas, Desa Sadar Hukum di Kalbar

BERITASPB – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat Yudanus Dekiwanto mengatakan, bahwa Pimpinan Tinggi (Pimti) Madya di Lingkungan Kemenkumham mewakili Menkumham Yasonna Laoly mengunjungi Kota Pontianak Kalimantan Barat, pada Kamis 14 November 2019.

“Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie hadir meresmikan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pontianak,” ujarnya.

“Selain itu, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Benny Riyanto akan memberi anugerah penghargaan Desa Sadar Hukum dan Sertifikat Kekayaan Intelektual,” tambahnya lagi.

Saat peresmian Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Entikong berlokasi dekat perbatasan Indonesia–Sarawak Malaysia.

Yudanus Dekiwanto menjelaskan, bahwa Kanim Entikong berdiri di atas tanah seluas 3.000 m2 dengan luas bangunan 2.000 m2.

Kanim Entikong memegang peranan strategis dalam menjaga pintu gerbang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Khususnya, bagi keluar masuknya orang yang akan bepergian keluar negeri dari Kalimantan Barat.

“Institusi imigrasi mempunyai wewenang mencegah dan menangkal penyalahgunaan dokumen keimigrasian dan tindak kejahatan perdagangan manusia (human trafficking) maupun tenaga kerja ilegal. Pembangunan ini juga sebagai wujud nyata dari program nasional nawacita demi pelayanan prima kepada masyarakat,” ucap Yudanus Dekiwanto.