Jabodetabek Slider

Pisah Sambut di Warnai Adat Betawi


BERITASPB – – JAKARTA: Kemeriahan Pisah Sambut Kapolda Metro Jaya berlangsung damai dan berkesa, Rabu (8/1/2020). Ada warna lain Kapolda (lama) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dilepas dan Kapolda (baru) Irjen Nana Sujana disambut dalam tradisi kepolisian dengan cara dan adat betawi.

Salahsatu yang menarik Atraksi ‘Palang Pintu’ kesenian Pencak Silat Betawi menyambut kadatangan Irjen Nana beserta istrinya.

Dalam pusah sambut itu bercerita. Setelah diizinkan masuk ‘Penjaga Pintu’, Nana dan istri kemudian berjalan kaki menyalami pejabat utama Polda Metro Jaya, Kapolres, dan sejumlah anggota yang berjajar membentuk barisan di pinggir jalan.

Lalu, Nana menumpang mobil golf polisi menuju Gedung Promoter. Di depan pintu, kedatangan Nana disambut Gatot dan istri, dan kemudian masuk ke dalam gedung untuk melakukan seremoni Pisah Sambut. Rangkaian prosesi itu, sekaligus menandakan Nana mulai bekerja memimpin Polda Metro Jaya, hari ini.

Haru Komjen mengenang kesan kesan selama memimpin Polda. Salah satunya saat harus mengamankan jalannya Pilpres 2019.

“Dinamika yang kita hadapi sejak Januari sampai bulan Oktober kemarin mengalami satu fluktuasi, mengalami suatu dinamika baik itu pada kegiatan tahapan Pemilu, kemudian penghitungan suara, sampai dengan pelantikan. Semua tahu betul bagaimana rekan-rekan sekalian semuanya dalam kondisi hujan, kondisi panas, capek, lelah tidak menyerah menghadapi kondisi itu,” kata Gatot .

Nana Sujana dan Gatot Eddy disela sela prosesi, mengunjungi Balai Wartawan untuk melakukan silaturahmi dengan awak media yang sehari-sari meliput di Polda Metro Jaya, yang disambut Ketua Forum Wartawan Polri (FWP), Naek Pangaribuan beserta jajaran pengurus.

 

Kepada wartawan, Nana berjanji akan melanjutkan program kerja yang diwariskan Gatot. Selain itu, akan melakukan pemetaan permasalahan dan mencegah terjadinya tindak kejahatan di Ibu Kota Jakarta dan melakukan pendekatan humanis. *