Jabodetabek

PN Nabire Vonis Empat Warga Asal Jepang,

BERITASPB – Pengadilan Negeri (PN) Nabire menjatuhkan vonis pidana penjara 5 bulan 15 hari dan denda Rp10 juta terhadap 4 warga negara asing (WNA) asal Jepang, Rabu (12/12/2018) kemarin.

Dalam perkara Nomor 101/Pid.Sus/2018/PN Nab yang disidangkan di PN Nabire, Ke-4 WNA Jepang yaitu Kaneda Hisashi, Tanaka Yoshiori, Isogaya Kazumasa, dan Hatakeyama Toru didakwa melanggar Undang-Undang (UU) Keimigrasian.

“Ke-4 terdakwa telah terbukti bersalah dan melakukan tindak pidana dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian visa kunjungan ke Indonesia yang diberikan kepadanya dan dilakukan secara bersama-sama, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian Jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP sebagaimana yang didakwakan,” kata Hakim Ketua Erens Jannes Ulaen SH, MH membacakan berkas putusan.

(Baca Juga: 16 WNA Tiongkok Pelanggar UU Imigrasi Divonis Penjara 5 Bulan 15 Hari)

Putusan Majelis Hakim ini sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum pada sidang sebelumnya yang dibacakan oleh Arnes Tomasila, SH.

Sebelumnya, ke-4 WNA Jepang ini tertangkap petugas Imigrasi Klas II-B Tembagapura, Kabupaten Mimika melakukan aktivitas pertambangan emas di Kabupaten Nabire pada Juli 2018 lalu. Dalam pemeriksaan berkas oleh petugas Imigrasi, diketahui bahwa ke-4 WNA ini memiliki izin tinggal sementara selama 1 tahun. *