Slider

Polri Tangani Empat Pucuk Senjata di Papua

BERITASPB – Jumat 15 Mei 2020 pukul 22.23 Wit, telah terjadi tindakan kekerasan terhadap anggota Pospol 99 Ndeotadi Distrik Bogobaida Kabupaten Paniai dan melakukan Perampasan 4 pucuk Senjata Api laras panjang inventaris dinas Pospol 99.

Kronologis Kejadian:
Pada hari dan tanggal tersebut diatas pukul 22.23 Wit, sebelum kejadian terjadi 3 personel anggota Pospol 99 an. Briptu Irvan, Bripda Ganda, Bripda Aldi sedang melaksanakan kegiatan tatap muka bersama masyarakat bertempat di salah satu rumah masyarakat, sehingga pada saat itu anggota yang menjaga kantor Pospol 99 adalah Briptu kristian Paliling (Korban).

Pada saat Briptu kristian Paliling sedang berada di Pospol 99 tiba-tiba datang sejumlah masyarakat dan langsung melakukan penganiayaan terhadap korban kemudian sejumlah masyarakat tersebut merampas 4 pucuk Senjata Api inventaris Pospol 99 tersebut.

Atas kejadian tersebut Briptu Kristian Paliling mengalami luka-luka dan 4 pucuk Senjata Api inventaris Pospol 99 dibawa lari oleh pelaku.

Identitas Korban:
– Briptu Kristian Paliling, anggota Polres Paniai BKO Pospol 99 Ndeotadi.

Identitas pelaku:
– Dalam penyelidikan.

Barang inventaris Pospol 99 yang dirampas pelaku:
1. 1 Pucuk Senjata Api jenis AK 47;
2. 1 Pucuk Senjata Api jenis AK China;
3. 2 Pucuk Senjata Api Jenis SS 1 V1.

Tindakan kepolisian:
Menerima laporan, melakukan pendekatan kepada para tokoh, melakukan pengejaran terhadap pelaku. Kasus ini dalam penanganan Polres Paniai di backup Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H. mengatakan, korban saat ini sedang dilakukan perawatan di salah satu rumah warga dan direncanakan korban Briptu Kristian Paliling akan dievakuasi ke Kabupaten Paniai dengan menggunakan helikopter guna mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Para pelaku saat ini masih dalam Proses penyelidikan oleh Polres Paniai dibantu Polda Papua serta dilakukan pengejaran oleh aparat gabungan yang mana salah satu pelaku telah diketahui identitasnya.

Kami meminta kepada para pelaku untuk segera menyerahkan diri dan mengembalikan senjata inventaris milik Pospol 99 Polres Paniai. Kami juga meminta bantuan kepada para tokoh untuk dapat membantu melakukan pendekatan terhadap para pelaku.

Pasca kejadian situasi saat ini aman terkendali, personel gabungan masih terus melakukan patroli guna menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif di Kabupaten Paniai. sri